Wednesday, 29 March 2017

Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk Secara Permanen

Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk Secara Permanen - Kali ini hendshare.com akan membahas cara mengatasi virus shortcut di flashdisk, Beberapa hari yang lalu sahabat saya datang dan ingin laptop miliknya di install aplikasi, kemudian saya melakukan penginstallan aplikasi lewat flashdisk. dan ternyata flashdisk yang tadinya sudah terisi software - software hilang, yang muncul hanya Shortcut Flashdisk saja. hal ini disebabkan oleh virus Shortcut yang ada di dalam laptop tersebut.

cara menghapus virus shortcut di flashdisk

Virus Shortcut memang salah satu virus yang menjengkelkan, sebab data-data yang ada di flashdisk akan hilang bukan bener-bener hilang akan tetapi data-data yang tersimpan di flashdisk di sembunyikan atau di Hidden oleh virus shortcut. Virus Shortcut menyebar dengan cepat biasannya apabila anda menghubungkan flashdisk ke laptop/komputer yang sudah terinfeksi virus shortcut maka secara otomatis akan terinfeksi dan data-data sudah tersimpan di flashdisk tidak kelihatan di sembunyikan oleh virus shortcut.

Apabila di teliti Virus Shortcut ini bersarang pada windows/system 32. Kenapa Virus ini di katakan Virus shortcut? sebab file folder atau data-data yang ada di Flashdisk maupun harddisk berubah menjadi shortcut tetapi sebenarnya file dan data - data yang ada di flashdisk masih utuh tetapi di sembunyikan atau di hidden oleh virus shortcut. Lalu bagaimana cara menghilangkan virus shortcut pada flashdisk agar tidak keluar lagi? Caranya cukup mudah tanpa antivirus dengan cara manual menggunakan commend prompt.
Cara Mengatasi Virus Shortcut Pada Flashdisk

  1. Pertama kita masuk ke Command Prompt dengan cara klik Start kemudian pilih run lalu dalam kotak run ketikkan cmd setelah itu tekan enter.
  2. Maka jendela Command Prompt terbuka selanjutnya perhatikan drive flashdisk anda kalau admin berada pada drive H, maka ketik H diikuti dengan tanda  titik dua. contoh H: lalu tekan Enter.
  3. Setelah itu secara otomatis dalam Command Prompt drive H akan seperti ini H:\> lalu tambahkan dengan ketikkan dir, perhatikan contoh H:\>dir dan Enter, 
  4. Maka setiap file folder yang ada di dalam flashdisk akan terlihat pada jendela Command Prompt seperti gambar berikut
    cara menghapus virus shortcut di flashdisk secara permanen
  5. Apabila file folder di dalam flashdisk belum muncul pada Command Prompt silahkan ketikkan dir/a atau dir /a, bila sudah muncul pada jendela Command Prompt kita lanjut 
  6. Ketikkan attrib –s –h –r /s /d, perhatikan kode attrib –s –h –r /s /d jangan lupa spasi lalu tekan Enter, tunggu beberapa saat sampai proses pengembalian file folder selesai
    cara mengatasi virus shortcut pada flashdisk
  7. Apabila sudah selesai jendela Command Prompt  akan muncul seperti ini H:\>, yang berarti proses pengembalian file sudah selesai.
    cara menghilangkan virus shortcut pada flashdisk
  8. Jangan menutup jendela Command Prompt dulu, kita masuk ke My Computer, buka flashdisk, Kemudian lihat data atau file folder sudah dapat terlihat di dalam flashdisk.
    cara menghapus virus shortcut di flashdisk agar tidak keluar lagi
  9. Hapus semua file folder shortcut yang masih ada di flashdisk anda.
  10. Selesai
Demikianlah cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk secara permanen, namun sebelum komputer/laptop yang sudah terinfeksi virus shortcut ini di perbaiki maka setiap flashdisk yang terhubung akan otomatis terinfeksi kembali. anda juga dapat mencoba dengan cara menghapus virus shortcut di flashdisk dengan smadav. Sekian saja selamat mencoba.


EmoticonEmoticon