Friday, 20 January 2017

Perbedaan System Operasi 32 bit Dan 64 bit

Perbedaan System Operasi 32 bit Dan 64 bit - Mungkin masih banyak orang yang belum tahu mengenai sistem berbasis 32 bit dan 64 bit, system operasi windows yang kita gunakan pada komputer atau laptop memiliki basis 32 bit dan 64 bit, basis 32 bit dan 64 bit ini mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tentunya bagi orang yang awam akan bingung mengenai perbedaan keduanya, terkadang pada saat membeli komputer atau laptop, orang belum mengerti apa yang pantas digunakan pada laptopnya mau menggunakan sistem operasi windows 32 bit atau 64 bit.

Untuk pengguna Apple tidak memiliki basis 32 bit, sebab IOS / Machintosh sudah menggunakan basis 64 bit. untuk itu perlu ada pahami perbedaan antara 32 bit dan 64 bit, berikut perbedaan kedua basis yang di gunakan pada sistem operasi Windows.

Perbedaan System Operasi 32 bit Dan 64 bit

Perbedaan System Operasi 32 bit Dan 64 bit




1). Pengertian 32 bit dan 64 bit
Sebelum membahas lebih lanjut perlu anda ketahui pengertian basis 32 bit dan 64 bit.
  • Sistem operasi 32 bit merupakan suatu aristektur pada prosesor komputer / laptop yang mempunyai register dengan ukuran sebesar 32 bit 
  • Sistem operasi 64 bit merupakan suatu arsitektur pada prosesor komputer / laptop yang memiliki register yang berukuran 64 bit.

2). Segi Pemrosesan Data
Perbedaan sistem operasi 32 bit dan 64 bit terletak pada pemrosesan data yang ada pada CPU.
  • Komputer/ laptop yang menggunakan sistem operasi 32 bit data yang diproses dalam sekali siklus pemrosesan hanya sebesar 32 bit.
  • Komputer/ laptop yang menggunakan sistem operasi 64 bit data yang diproses dalam sekali siklus pemrosesan hanya sebesar 64 bit
Dengan demikian perintah pemrosesan pada sistem operasi windows 64 bit, dapat memuat lebih banyak data daripada sistem operasi windows 32 bit

3). Faktor Batasan Ram
Jumlah kapasitas RAM komputer dapat mempengaruhi penggunaan basis 32 bit dan 64 bit. Sebab sistem operasi windows 32 bit mempunyai batasan jumlah kapasitas RAM lebih rendah bila dibandingkan dengan komputer yang menggunakan 64 bit.

Untuk sistem operasi Windows 32 Bit, cocok untuk komputer/laptop yang menggunakan RAM  1 GB sampai 2 GB. Sedangkan untuk sistem operasiWindows 64 bit cocok untuk RAM 4 GB ke atas.

Apabila dipaksakan penggunaan Windows 32 bit pada RAM 4 GB maka komputer akan membaca RAM hanya sebesar 3 GB saja. Jadi alangkah baiknya apabila RAM sebesar 4 GB menggunakan sistem operasi 64 bit saja.




4). Kinerja yang Berbeda
Dalam hal ini kinerja yang dapat dilakukan oleh 32 bit dan 64 bit jelas berbeda. Apabila pada komputer Windows 32 bit, pekerjaan yang dilakukan oleh komputer hanya pekerjaan relative ringan. Sedangkan untuk komputer / laptop yang menggunakan window 64 bit dapat melakukan pekerjaan relative berat seperti mengedit video, mengedit gambar, dan lain lain.

maka tentu saja akan memakan jumlah memori yang banyak sehingga cocok jika menggunakan 64 bit karena jumlah RAM yang besar. Selain itu sisi keamanan Windows 64 bit lebih aman jika dibandingkan dengan Windows dengan basis 32 bit.

Demikianlah perbedaan antara sistem operasi 32 bit dan 64 bit, sudah jelas bukan? sekarang anda dapat menentukan komputer/laptop anda, akan menggunakan 32 bit atau 64 bit, sekian saja semoga artikel ini bermanfaat.

Sebelumnya kami mohon maaf banyak komen tidak di jawab atau belum di jawab karena kesibukan kami. Kalau ada pertanyaan silahkan komentar, admin akan berusaha untuk membalasnya mulai saat ini :).


EmoticonEmoticon