Tuesday, 12 January 2016

Cara Service atau Memperbaiki Komputer yang Sering Restart

Cara Servis atau mengatasi komputer atau laptop yang sering restart sendiri - Pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas tentang cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri, kadang kala komputer yang kita gunakan mengalami restart sendiri padahal kita tidak melakukan apa apa, penyebab komputer restart sendiri bermacam macam seperti proccesor yang terlalu panas (overheating), power supply yang kekurangan daya, RAM yang rusak, hard disk telah mengalami bad sector maupun karena VGA yang rusak yang dapat mengakibatkan komputer restart sendiri, baiklah langsung saja saya akan menjelaskan penyebab komputer restart sendiri dan cara memperbaikinya.
Cara Service atau Memperbaiki Komputer yang Sering Restart
computer restart
#5 sebab komputer restart sendiri dan cara memperbaikinya

1. Komputer sering restart sendiri karena Processor panas(overheating).

Untuk Mengecek processor yang terlalu panas.
  • Masuk ke BIOS dan lihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor
  • Kita juga dapat melihat temperatur dengan menggunakan software/program CPUID Hardware Monitor
  • Buka casing CPU dan kita cek secara langsung dengan meraba temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.
Penyebab Processor yang terlalu panas
  • Lihat pada putaran kipas / fan pendingin Processor putaran kipas pelan (mengalami penurunan berputar) atau kipas tidak berputar biasanya di sebabkan oleh debu.
  • Terlalu banyak debu yang menempel pada Pendingin Processor biasanya karena tempatnya berdebu
  • Keringnya thermal pasta yang merekat antara processor dan pendingin.
  • Karena Kondisi ruangan komputer yang panas.

Cara Service Komputer yang Sering Restart akibat overheating / kepanasan :
  • Bersihkan debu dengan koas atau kompresor di bagian dalam Casing CPU dan Pendingin Processor secara teratur.
  • kerik dan buang thermal paste kering yang nempel di processor / pendinginnya. kita oleskan kembali dengan thermal paste yang baru.
  • Usahakan taruh komputer di ruangan yang ber AC atau sejuk, bisa juga dengan menambah kipas di bagian pembuangan.
  • Gunakan CPUID Hardware Monitor untuk monitoring temperatur suhu processor sehingga bisa di tangani sejak dini, anda dapat mendownload programnya di SINI gratis.

2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya.
Menurunnya putaran kipas atau matinya Kipas power supply akibat menempelnya debu mengakibatkan komponen Power Supply terlalu panas sehingga power supply bisa kekurangan daya. Periksa kipas power supply jika putaran kipas menurun coba bersihkan kipas dengan chain lube (pembersih rante) jika masih terjadi restart baru di ganti power supply yang baru.

3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak
VGA yang rusak juga dapat menyebabkan komputer sering restart sendiri, yang biasa terjadi yaitu blue screen, biasanya kerusakan VGA di sebabkan oleh menurun/matinyanya kipas VGA di bagian pendingin sehingga bagian komponen VGA akan cepat panas

4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector
Tidak berbeda dengan VGA, hardisk yang mengalami bad sector juga dapat menyebabkan restart, biasanya terjadi bluescreen of deadth dan juga bisa menyebabkan komputer hang. Untuk mencegah terjadinya bad sector kita bisa menjalankan program scandisk, mendefrage harddisk secara berkala dan juga pastikan untuk melakukan shutdown jika anda ingin mematikan komputer.
  
5. Komputer sering restart karena RAM rusak
RAM salah satu yang sering saya jumpai dengan gejala komputer restart terus, Kerusakan RAM yang biasa saya alami ketika akan bootting cuma bisa muncul di loading window dan akan merestart sendiri. juga bisa menyebabkan Blue screen. untuk mengecek apakah RAM yang anda miliki berkerja dengan baik anda dapat membaca artikel ini Cara Mengecek Kerusakan RAM pada Komputer atau Memori PC dan Laptop.


EmoticonEmoticon